fbpx

BARU: McEasy Spare Part Solutions, Penyedia Spare Part Oli dan Ban Berkualitas

Cara Memeriksa Ban dan Mencegah Masalah Sejak Dini

oleh | 3 Sep 2024 | Manajemen Armada

Kita semua tahu cara mengenali ban gundul atau mendiagnosa arti lampu peringatan tekanan angin. Namun, ada lebih banyak hal yang terlibat dalam melakukan pemeriksaan ban secara menyeluruh daripada yang Anda bayangkan. 

Antara mematuhi mandat federal dan negara bagian, memaksimalkan penghematan bahan bakar, dan (yang paling penting) menjaga keselamatan pengemudi mereka, armada memiliki banyak alasan untuk memeriksa ban mereka. Namun terlepas dari kenyataan bahwa sebagian besar armada membuat titik untuk menilai kondisi ban aset mereka secara teratur, ban yang rusak secara konsisten berada di antara pelanggaran yang paling umum ditemukan oleh Federal Motor Carrier Safety Administration. Situasi paradoks ini mungkin mengindikasikan bahwa, meskipun armada hampir secara universal memeriksa ban mereka, banyak yang tidak melakukannya secara menyeluruh. 

Untuk memastikan kesehatan ban dengan lebih baik, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan inspeksi ban. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memeriksa Ban

Pexels Ricardousher71 9499555 Scaled

Tekanan ban yang tepat – Produsen mobil merekomendasikan kendaraan mereka dilengkapi dengan ban pada tingkat PSI tertentu. Ikuti panduan mereka untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar, umur ban dan kenyamanan berkendara. 

Kedalaman telapak yang sesuai – Meskipun setiap negara bagian memiliki peraturan tersendiri, standar federal mengharuskan kedalaman telapak 4/32 dan lebih dalam untuk ban kemudin dan 2/32” dan lebih dalam untuk ban non-kemudi. 

Keausan yang merata di seluruh ban – Jika ban terlihat lebih cepat aus di titik-titik tertentu, hal ini dapat merupakan gejala ketidaksejajaran, tekanan angin yang tidak sesuai, atau suspensi yang buruk. 

Benda asing bersarang di ban – Pastikan tidak ada benda asing yang tertanam di ban Anda untuk menghindari tusukan dari serpihan jalan. 

Kondisi karet – Potongan, gelembung udara dan cacat lainnya sering kali merupakan tanda bahwa ban perlu diganti. 

Tekanan Ban 

Saat ini, sebagian besar kendaraan modern dilengkapi dengan sistem pemantauan tekanan angin tidak langsung (TPMS) yang memberi tahu pengemudi ketika ban kendaraan mungkin kurang angin (biasanya melalui lampu dasbor). Meskipun tidak dapat disangkal bahwa TPMS sangat bermanfaat, TPMS tidak dapat diandalkan sebagai pengganti pengukuran tekanan ban secara rutin. Faktanya, TPMS tidak langsung sedikit keliru karena tidak benar-benar melacak tekanan ban. 

Sebaliknya, TPMS tidak langsung menggunakan sensor kecepatan roda untuk mendeteksi jika laju putaran ban tidak sinkron dengan rekan-rekannya (indikator yang kuat untuk kekurangan angin). Ini berarti bahwa jika ban kendaraan mengempis dengan kecepatan yang cukup sama, TPMS tidak langsung mungkin tidak akan mendeteksi kekurangan angin selama beberapa waktu. 

Selain itu, sebagian besar TPMS tidak memperhitungkan beban berat saat menilai apakah ban kendaraan sudah cukup angin untuk pengangkutan. Jika armada Anda secara teratur memindahkan kargo yang berat, pembacaan tekanan ban yang sering sangat penting. 

Untuk memeriksa tekanan angin ban secara optimal, ujilah setelah kendaraan diparkir selama tiga jam atau lebih. Produsen memberikan tingkat tekanan angin yang direkomendasikan untuk ban “dingin” dan panas dari berkendara dapat meningkatkan tekanan angin hingga lebih dari 6 pon, sehingga pendekatan ini direkomendasikan bila memungkinkan. Anda dapat menemukan tingkat PSI yang disarankan oleh produsen di kusen pintu kendaraan Anda, di buku panduan pemilik atau secara online. 

Baik kekurangan maupun kelebihan tekanan angin dapat menyebabkan ban aus sebelum waktunya, sehingga perusahaan harus mengukur PSI setiap ban dalam armada mereka setidaknya sebulan sekali. Mengingat betapa efektifnya alat pengukur tekanan ban yang paling murah sekalipun dan betapa cepatnya pembacaan yang dilakukan, tidak ada alasan bagi armada untuk melewatkan prosedur perawatan yang begitu penting. 

Kedalaman Tapak 

Tapak ban sangat penting bagi keselamatan kendaraan beroda. Dengan mencengkeram jalan, ban memberikan traksi yang membantu kendaraan mempertahankan kontrol yang lebih baik saat berbelok di tikungan, berakselerasi dengan lebih mulus, dan mengerem dengan lebih cepat. Dan dalam cuaca hujan, alur ban mengeluarkan air dari bawah ban untuk memaksimalkan kontak dengan aspal, yang mencegah terjadinya hydroplaning. 

Faktanya, tapak ban sangat penting untuk pengoperasian kendaraan yang aman sehingga Departemen Transportasi memiliki persyaratan khusus untuk ban kendaraan komersial. Sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang federal, setiap ban yang dipasang pada roda depan bus, truk, atau traktor harus memiliki kedalaman tapak minimal 4/32 inci. Semua ban lainnya harus memiliki kedalaman tapak minimum 2/32 inci. 

Untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan federal dan negara bagian, armada harus mengukur kedalaman telapak ban mereka secara teratur. Sebulan sekali adalah aturan standar, tetapi pertimbangkan untuk memeriksa dengan irama yang lebih sering jika kendaraan Anda secara konsisten melakukan perjalanan jauh. 

Baik pengemudi dan teknisi Anda menggunakan alat pengukur kedalaman telapak ban atau tes penny klasik, sangat penting bagi mereka untuk memeriksa setiap ban yang terpasang pada kendaraan Anda dan melakukan pengukuran kedalaman di beberapa tempat pada setiap ban. Meskipun telapak ban sebagian besar lebih dalam dari 2/32 inci, jika ada titik yang mencapai di bawah titik tersebut, integritas seluruh ban telah terganggu. Jadi untuk memastikan pengukuran telapak ban selengkap mungkin, ada baiknya personel armada secara khusus mengukur bagian ban yang terlihat aus. 

Tahukah Anda? 

Dalam hal keselamatan di belakang kemudi, hanya sepersekian inci dari kedalaman telapak ban dapat membuat perbedaan besar. Hunter Engineering Company menemukan bahwa ban dengan kedalaman telapak 6/32“ mampu berhenti 100 kaki lebih awal dibandingkan ban dengan kedalaman telapak 2/32” saat melaju dengan kecepatan 60 mil per jam di jalan yang basah. 

Keausan Tidak Merata 

Istockphoto 1031238080 612X612 1

Dalam keadaan normal, ban seharusnya mengalami keausan dengan cara yang hampir seragam dengan kedalaman telapak yang hampir sama di mana pun Anda mengukurnya. Tetapi jika ban tidak sejajar dengan baik, dipasang pada sistem suspensi yang rusak, atau kelebihan/kekurangan angin, ban akan bersentuhan dengan permukaan jalan dengan cara yang tidak disengaja yang memusatkan gesekan pada bagian tertentu dari telapak ban. Distribusi keausan yang tidak merata ini dapat menciptakan titik-titik lemah pada ban yang menyebabkan kerusakan jauh lebih awal dari biasanya. 

Untuk memastikan bahwa ban Anda tidak mengalami keausan yang tidak merata, periksalah sebanyak mungkin bagian telapak ban ketika melakukan pemeriksaan ban. Jika Anda menemukan area yang terlihat lebih rusak dari rata-rata, lakukan pengukuran kedalaman telapak pada titik-titik tersebut untuk memverifikasi kecurigaan Anda. Jika Anda memastikan bahwa ban lebih cepat aus di daerah tertentu, periksa kapan kendaraan terkait terakhir kali melakukan spooring ban atau sistem suspensi diperiksa. Dalam banyak kasus, memperbaiki masalah spooring dan suspensi yang salah dapat menghemat biaya yang cukup besar untuk biaya yang berhubungan dengan ban. 

Benda Asing 

Apakah armada Anda sering melewati jalanan kota atau secara teratur melewati jalan tanah, ban kendaraan Anda akan mengalami banyak hal. Kerikil, potongan-potongan kecil trotoar, dan semua jenis puing-puing lainnya secara konstan menghantam ban Anda dari segala arah, dan, seiring waktu, benda-benda tersebut terkadang dapat bersarang di tapak dan dinding ban Anda. Dan ketika itu terjadi, benda-benda asing ini dapat mengganggu keseimbangan ban Anda dan mempercepat proses degradasi. 

Ketika melakukan pemeriksaan ban, perhatikan benda-benda asing yang tidak seharusnya menempel atau tertanam di telapak dan dinding ban Anda. Meskipun kerikil kecil sering kali dapat disapu dengan mudah, benda-benda seperti paku dan sekrup hampir selalu membutuhkan perbaikan atau penggantian ban. 

Catatan Jarak Tempuh dan Usia Ban 

Fleet History

Terakhir, perlu juga dicatat bahwa adalah bijaksana bagi armada untuk melacak jarak tempuh dan usia masing-masing ban yang dipasang pada aset mereka. Meskipun rincian ini tidak perlu dicatat oleh pengemudi sebagai bagian dari inspeksi harian mereka, namun memiliki informasi tersebut dapat membantu memberikan gambaran yang lengkap mengenai usia ban. 

Sangat umum bagi ban yang dipasang pada aset yang menggunakan intensitas penggunaan yang terbatas atau rendah hanya menunjukkan tanda-tanda keausan yang minimal selama beberapa tahun (atau lebih lama). Namun, setelah beberapa tahun berlalu, meskipun ban tersebut terlihat baik-baik saja di mata manusia, ban tersebut tetap harus diganti demi keselamatan armada. Dengan melacak usia masing-masing ban, proses identifikasi ban tua yang perlu diganti menjadi sederhana dan mudah. Melacak jarak tempuh masing-masing ban juga bermanfaat. 

Perangkat Lunak Manajemen Ban 

Perangkat lunak manajemen ban, seperti McEasy Maintenenance Management dapat membantu armada memantau usia, jarak tempuh, dan lainnya. Visibilitas yang komprehensif atas ban armada Anda dan aktivitas pemeliharaan terkait ban memungkinkan perusahaan untuk memastikan kendaraan Anda selalu dilengkapi dengan ban yang sesuai dengan standar. Dan dengan menganalisis data ban Anda melalui laporan yang dapat disesuaikan, armada dapat memperoleh wawasan untuk membantu Anda mempelajari cara merawat ban yang paling efektif. 

Dan untuk menambah kenyamanan, ketika Anda menerapkan sistem pemeriksaan ban yang terintegrasi penuh dengan perangkat lunak pemeliharaan armada Anda, Anda dapat mengelola semua aspek tingkat mikro dan makro untuk menjaga kendaraan Anda dalam kondisi terbaiknya dari satu platform terpusat. Solusi manajemen ban juga dapat dipasangkan dengan baik dengan sistem manajemen suku cadang yang kompatibel untuk memudahkan pelacakan inventaris ban. 

McEasy Spare Part Solution: Ban Berkualitas untuk Performa Optimal  

Untuk menjaga performa kendaraan dan memastikan keselamatan di jalan, pemilihan ban yang tepat sangatlah penting. McEasy Spare Part Solution menyediakan beragam pilihan ban berkualitas dari merek-merek ternama yang dapat diandalkan. Dengan kemudahan akses ke suku cadang seperti ban, McEasy memastikan armada Anda selalu dalam kondisi terbaik, siap menghadapi segala tantangan di jalan.  

Sparepart Mceasy Announcement

Solusi McEasy tidak hanya membantu dalam pemilihan ban yang sesuai, tetapi juga menyediakan sistem manajemen ban yang terintegrasi dengan perangkat lunak pemeliharaan armada. Hal ini memungkinkan Anda untuk melacak kondisi, usia, dan jarak tempuh ban dengan lebih efektif, sehingga penggantian ban dapat dilakukan tepat waktu untuk menghindari risiko kecelakaan dan kerusakan yang lebih besar. 

Percayakan ban berkualitas di McEasy Spare Part Solution. Hubungi contact center kami sekarang di 085211504332.

 

Konsultasi Kebutuhanmu

Dapatkan saran fleet management, video monitoring, dan sensor bahan bakar dari ahlinya

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.

Tulisan Terkait

Pentingnya Mengganti Oli Secara Berkala

Pentingnya Mengganti Oli Secara Berkala

Tahukah Anda bahwa salah satu aspek krusial dari perawatan armada adalah mengganti oli secara berkala. Hal ini karena berkaitan dengan beberapa faktor penting yang dapat memengaruhi kinerja dan usia pakai armada. Sebagai contoh, ketika Anda mengganti oli tepat waktu,...

Menghitung Biaya Tersembunyi dari Kendaraan Idle

Menghitung Biaya Tersembunyi dari Kendaraan Idle

Bagi industri pengiriman barang maupun penumpang, memastikan armada kendaraan selalu dalam kondisi prima saja tidak cukup. Sebab, ada satu masalah yang sering diabaikan tetapi berdampak besar pada performa bisnis yaitu idle kendaraan. Di artikel ini, kita akan...

Dampak Negatif Idle Kendaraan terhadap Efisiensi Operasional

Dampak Negatif Idle Kendaraan terhadap Efisiensi Operasional

Pada sektor transportasi dan logistik, efisiensi adalah kunci keberhasilan operasional. Namun, sering kali ada faktor yang diam-diam menggerogoti produktivitas dan menambah biaya operasional, yaitu kendaraan idle. Mungkin terdengar sepele, namun idle, atau keadaan...