fbpx

MDVR: Solusi Terpercaya untuk Keamanan Armada dan Mencegah Kecelakaan Bus

oleh | 10 Okt 2024 | Manajemen Armada

Keselamatan adalah prioritas utama dalam dunia transportasi, terutama bagi armada bus yang mengangkut banyak penumpang setiap harinya. Di tengah meningkatnya risiko kecelakaan akibat kelalaian pengemudi, penggunaan solusi teknologi seperti MDVR (Mobile Digital Video Recorder) menjadi solusi andalan untuk menjaga keamanan armada dan mencegah kecelakaan.  

Faktor Penyebab Kecelakaan Bus 

Sebelum mengetahui bagaimana MDVR mampu mengatasi risiko kecelakaan, berikut faktor penyebab terjadinya kecelakaan bus, antara lain:

  • Kurangnya jam istirahat, sehingga menimbulkan rasa lelah dan ngantuk pada pengemudi 
  • Distraksi saat berkendara, seperti penggunaan ponsel atau merokok 
  • Blind spot yang tidak terpantau dengan jelas oleh spion 
  • Tidak mematuhi SOP keselamatan, seperti tidak menggunakan sabuk pengaman atau salah jalur yang menimbulkan tabrakan  
Template Banner 12 Solusi Video Monitoring 1

Bagaimana MDVR Menjadi Solusi Pencegah Kecelakaan Bus? 

MDVR merupakan teknologi berbagai kamera yang dipasang pada armada untuk meningkatkan pengawasan dan perlindungan terhadap aset armada Anda. MDVR terbaik dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang memberikan peringatan saat terjadi perilaku pengemudi yang berisiko kecelakaan, seperti mengantuk, kelelahan, dan melanggar SOP keamanan. Dengan berbagai kamera yang terpasang, MDVR memberikan pengawasan multi-sudut untuk kontrol penuh pengemudi dan kondisi jalan secara langsung dari jarak jauh. 

Fitur-fitur MDVR untuk Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan 

MDVR memiliki banyak fitur yang secara efektif  membantu Anda sebagai pemilik perusahaan otobus atau manajer operasional untuk mencegah risiko kecelakaan di jalan, antara lain: 

Live Streaming Pemantauan Real-Time 

Salah satu fitur unggulan MDVR adalah kemampuan untuk melakukan pemantauan live streaming dari seluruh sudut kendaraan secara bersamaan. Setiap pergerakan terpantau, mulai dari perilaku pengemudi hingga situasi lalu lintas, sehingga tindakan pencegahan risiko dapat dilakukan lebih cepat. 

Teknologi AI ADAS & DMS: Pencegah Kecelakaan Efektif 

MDVR juga dilengkapi dengan teknologi AI ADAS (Advanced Driver Assistance System) dan DMS (Driver Monitoring System) untuk mencegah risiko kecelakaan. AI ADAS memberikan peringatan dini jika bus keluar jalur atau jika ada pelanggaran jarak aman dengan kendaraan lain. Sedangkan DMS mendeteksi distraksi pengemudi, seperti kantuk atau penggunaan ponsel saat mengemudi, dan segera memberikan peringatan untuk mengembalikan fokus pengemudi ke jalan. 

Blind Spot Monitoring 

Sistem ini bekerja dengan menggunakan kamera yang dipasang di sekitar kendaraan, biasanya di bagian belakang atau samping. Pengemudi dapat melihat kendaraan atau objek lain di area blind spot, sehingga dapat mencegah risiko yang menimbulkan kecelakaan. 

Integrasi Multi-Kamera dengan GPS untuk Pelacakan Lokasi 

MDVR tidak hanya mengawasi armada secara visual, tetapi juga terintegrasi dengan GPS untuk pelacakan lokasi armada secara real-time.  

Passenger Counting 

Kamera yang terpasang di bagian dalam armada bus mampu mendeteksi jumlah penumpang secara otomatis. Ini mencegah terjadinya kelebihan kapasitas yang berpotensi pada ketidaknyamanan penumpang. Anda juga bisa mengawasi langsung gerakan penumpang, apabila ada yang mencurigakan atau terindikasi sebagai penumpang gelap, Anda bisa segera mengambil tindakan yang tepat. 

Rekaman Video Insiden 

Saat terjadi insiden kecelakaan, MDVR mampu memberikan bukti akurat, karena teknologi ini dilengkapi dengan fitur rekaman video yang mampu menyimpan rekaman insiden secara otomatis. Ini memudahkan Anda untuk proses klaim asuransi dan mencegah tuduhan palsu. 

Penilaian Pengemudi  

Integrasi multi-kamera dengan GPS mampu memberikan rincian daftar pelanggaran pengemudi dalam satu dashboard, seperti melebihi batas kecepatan hingga akselerasi atau pengereman mendadak. Dengan data ini, Anda mampu melakukan evaluasi dan umpan balik yang konstruktif kepada pengemudi untuk menciptakan kebiasaan berkendara yang aman. 

McEasy MDVR: The Most Trusted Fleet Safety Solution 

McEasy memahami betul bahwa keselamatan adalah faktor utama dalam operasional armada. Untuk meningkatkan keamanan transportasi dan mewujudkan zero accident atau nihil kecelakaan bus, McEasy menawarkan teknologi MDVR yang menjadi solusi andal dalam melindungi aset armada Anda, sekaligus menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang. 

MDVR dari McEasy dilengkapi dengan teknologi hingga 8 kamera terbaik yang berteknologi AI, yang mampu memberikan pemantauan multi-sudut dan kontrol penuh armada dan pengemudi. Teknologi ini juga terintegrasi dengan GPS, sehingga Anda tidak hanya mampu memantau armada dan pengemudi secara visual, tapi juga melacak lokasi kendaraan secara real-time. 

Fitur Tercanggih McEasy MDVR yang Menjadikannya Pilihan Terbaik di Kelasnya  

Tidak hanya didukung dengan teknologi kamera hingga 8 channel, McEasy MDVR juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik yang membuat teknologi menjadi pilihan terbaik di kelasnya. Beirkut adalah beberapa fitur tercanggih McEasy MDVR: 

Pemantauan Live Streaming dan Multi-Sudut 

Image 7 1 1

Dengan fitur live streaming hingga 8 titik pemantauan secara bersamaan, McEasy MDVR memberikan visibilitas penuh ke seluruh armada Anda, memastikan pemantauan yang menyeluruh dan tanggapan cepat atas potensi bahaya. 

Deteksi Distraksi Pengemudi dengan AI DMS  

McEasy MDVR dilengkapi dengan teknologi AI Driver Monitoring System (DMS) yang memberikan deteksi dini dan peringatan terhadap distraksi pengemudi, membantu mencegah kecelakaan secara efektif. DMS mendeteksi tanda-tanda seperti kantuk, kelelahan, menguap, penggunaan ponsel, merokok, hingga pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Dengan sistem peringatan real-time ini, Anda dapat segera menghubungi pengemudi untuk mengambil tindakan cepat dan memperbaiki perilaku berkendara untuk memastikan keamanan dan keselamatan di jalan. 

Deteksi Pelanggaran SOP dengan AI ADAS  

Tidak hanya AI DMS, McEasy MDVR juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan AI Advanced Driver Assistance System (ADAS). ADAS mendeteksi dan memberikan peringatan saat armada keluar jalur, jarak terlalu dekat dengan kendaraan lain, dan risiko benturan atau tabrakan. 

Blind Spot Monitoring 

Blind spot sangat rawan terhadap kecelakaan bus, karena seringkali pengemudi tidak dapat melihat apa yang ada di balik blind spot tersebut. Dengan kamera yang terpasang di bagian samping dan belakang armada, area blind spot akan terpantau melalui layar VGA yang terpasang di dashboard, sehingga pengemudi dapat mengetahui apakah ada kendaraan atau hal lainnya yang berada di area blind spot. Dengan demikian, pengemudi dapat menghindari terjadinya kecelakaan dengan menjauh dari pengendara lain. 

Passenger Counting  

Fitur ini mampu menghitung secara otomatis jumlah penumpang yang berada di dalam kabin bus. Ini membantu Anda untuk memastikan jumlah tiket terjual sesuai dengan total jumlah penumpang, sekaligus mencegah kapasitas berlebih untuk kenyamanan penumpang dan mencegah masuknya penumpang gelap.  

Riwayat Video Monitoring  

Dalam kasus insiden, bukti video dari rekaman MDVR memberikan kejelasan dan mempercepat penyelesaian masalah, baik untuk klaim asuransi maupun dalam menangani tuduhan yang tidak sesuai. Bukti video ini secara otomatis tersimpan dalam penyimpanan cloud, sehingga dapat diunduh kapan pun dalam jangka waktu yang lama.  

Driver Scorecard  

Driver Management System 4 Riwayat Berkendara

Dengan data pelanggaran pengemudi yang terekam di fitur Driver Scorecard, Anda dapat memberikan pelatihan dan umpan balik untuk meningkatkan kebiasaan berkendara yang lebih aman dan bertanggung jawab.  

Live Tracking Posisi Armada 

Melalui integrasi multi-kamera dengan GPS, McEasy MDVR memungkinkan pemantauan lokasi secara real-time dalam satu platform. Ini mendukung Anda untuk memberikan estimasi waktu kedatangan penumpang dengan lebih akurat. 

Maintenance Schedule 

Mep 3 Maintenance Management

Integrasi multi-kamera dengan GPS juga memberikan data penggunaan armada, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur jadwal pemeliharaan sesuai data penggunaan dan menerima notifikasi peringatan apabila telah mendekati masa servis. Ini tidak hanya mencegah downtime, tetapi juga memastikan semua komponen dalam kondisi baik dan siap beroperasi dengan lancar dan aman. 

Laporan dan Analitik  

McEasy MDVR menyediakan laporan dan analitik yang komprehensif untuk melihat performa operasional armada secara menyeluruh. Ini mencakup aktivitas armada berjalan, parkir, hinggaluring, serta penggunaan bahan bakar dan total jarak tempuh untuk evaluasi dan pengambilan keputusan. 

GPS McEasy Telah Terintegrasi dengan SPIONAM Kemenhub 

Untuk mendukung proses perizinan angkutan penumpang, GPS kami telah terhubung dengan server SPIONAM Kemenhub. Hal ini memastikan armada Anda tetap mematuhi regulasi yang berlaku dan dapat diawasi secara akurat. 

Wujudkan Zero Accident dengan McEasy MDVR 

Keamanan dan keselamatan adalah prioritas utama. Dengan McEasy MDVR, risiko kecelakaan dapat dicegah  dan operasional armada dapat berjalan lebih aman dan efisien. Segera lindungi aset armada serta pastikan keselamatan pengemudi dan penumpang tetap terjaga dengan solusi McEasy MDVR. 

Segera ajukan demo untuk membuktikan keunggulan McEasy MDVR dan wujudkan zero accident. Anda juga bisa mengisi form konsultasi yang berada di sebelah kanan artikel ini. 

Konsultasi Kebutuhanmu

Dapatkan saran fleet management, video monitoring, dan sensor bahan bakar dari ahlinya

Please enable JavaScript in your browser to complete this form.

Tulisan Terkait

Memahami Blind Spot Monitoring dan Cara Kerjanya

Memahami Blind Spot Monitoring dan Cara Kerjanya

Blind Spot Monitoring atau pemantauan titik buta adalah salah satu fitur keselamatan penting yang banyak ditemukan pada armada besar seperti truk dan bus. Titik buta adalah area di sekitar kendaraan yang tidak terlihat oleh pengemudi, baik melalui kaca spion maupun...

MDVR: Solusi Manajemen Armada Tambang dan Meningkatkan Keamanan

MDVR: Solusi Manajemen Armada Tambang dan Meningkatkan Keamanan

Dalam industri tambang, medan berat dan risiko tinggi adalah tantangan sehari-hari. Operasional di lokasi terpencil dengan medan sulit menjadikan keamanan armada tambang sebagai prioritas utama. Namun, memastikan setiap armada aman dan mengikuti prosedur standar...

5 Fitur Utama Dashcam Mobil yang Harus Diperhatikan

5 Fitur Utama Dashcam Mobil yang Harus Diperhatikan

Ketika memilih dashcam untuk mobil, ada beberapa fitur penting yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan berkendara dan keamanan. Dashcam yang tepat bisa membantu melindungi Anda dari berbagai situasi di jalan raya, mulai...